devanalferi's Weblog

Seminar C-AFTA alias Seminar ACTFA

Posted in Uncategorized by devanalferi on March 12, 2010

Syamsul Hadi, PhD.
Aviliani
Departemen Perindustrian Jawa Barat

Ketiga orang ini membahas mengenai kesiapan Indonesia dalam menghadapi China dalam C-AFTA. China ASEAN Free Trade Agreement. Mendengar namanya saja sudah ngeri. China adalah salah satu negara yang membuat ketar ketir perekonomian Amerika saat Amerika dilanda krisis seperti sekarang. China merupakan negara yang membuat Barrack Obama harus mereview dan mengubah kebijakan ekonomi negara Amerika yang sudah sedemikian establishnya.

Dalam pembahasan mengenai C-AFTA ini, Syamsul Hadi dan Aviliani sepakat, bahwa Indonesia dirasakan persiapannya sangat kurang di saat perjalanan C-AFTA ini sudah berlangsung selama 2 bulan! (apakah kalian sudah sadar bahwa C-AFTA ini sudah berjalan?..jujur saja..saya tidak!). Ada poin menarik yang dilontarkan dalam sebuah paket seminar ini. Sebuah artikel mengatakan bahwa mahasiswa yang mendemo Boediono itu lucu! Kenapa? Karena mereka teriak Boediono adalah Neolib, sementara mereka tidak sadar ada C-AFTA yang jauh lebih Neolib dibandingkan dengan menunjuk satu individu untuk disalahkan. Tidak logis. Hahaa..

Anyway, intinya apa yang disampaikan dalam seminar ini sudah pernah saya dapatkan 4 tahun yang lalu (bayangkan! 4 tahun yang lalu!! Dan saya masih tidak berpikir panjang waktu contreng Presiden RI kemarin..astaghfirullah..). Intinya, negara ini tidak fokus. Bahkan, untuk fokus ke bidang “something”, pemimpin dan think tank-er (think tank adalah sebuah pemikiran hebat yang Great, Magnificent, dan Substansial) tidak pernah terbentuk semenjak dahulu. Untuk fokus ke bidang “something” itu, seorang Dewan Pembina PPSDMS pernah mengatakan, jawabannya hanya dua: Geopolitik, dan Geoekonomi. Titik. Selesai perkara. Ibu Avi, mengatakan ada dua hal yang utama (yang saya tangkap dari Geopolitik dan Geoekonomi juga), yaitu Indonesia sebagai negara maritim dan Indonesia sebagai negara perkebunan dan pertanian. Lantas, sudahkan Indonesia fokus pada kedua hal ini? Belum..tidak bahkan. Alm. Soeharto memang melakukan kesalahan dengan membangun arahan pembangunan menuju industrialisasi, namun paling tidak, beliau berhasil membangun mind set arah pembangunan yang jelas.

Saya sangat ingat, di rezim beliau pulalah Arsitektur, Teknik Sipil, dan Planologi berkembang pesat. Mengapa? Karena isu yang beliau bangun jelas: Indonesia Membangun! Saat ini? Belum jelas. Walau BAPPENAS telah menetapkan target – target selama 10, 20, 30 tahun ke depan, ditambah dengan MDP (Millenium Development Goals) belum membumi. Karena isinya adalah “keinginan masing – masing departemen pemerintahan”, bukan suatu target jelas, dan kemudian masing – masing departemen itu menuju arah yang sama. Sebagai contoh nyata, saat Presiden kita bilang: per 2012, Indonesia adalah negara pencuri! Maka sangat gampang bagi rakyatnya untuk memilih pekerjaan apa untuk mendukung visi pemerintah ini. Tentunya visi ini sudah dipilih berdasarkan tadi: Geopolitik dan Geoekonomi.

Amerika Serikat dilanda krisis saat ini. Dan tau apa yang dilakukan oleh Amerika (terutama Obama)?? Memberlakukan sistem proteksi ekonomi dalam negeri, terutama untuk produk – produk dari China. Sistem ekonomi perdagangan bebas direduksi dengan tujuan yang satu: Keamanan Nasional dalam negeri. Bahkan Amerika mereview 7 dari 11 perjanjian perdagangan bebasnya. Perdagangan bebas? Keuntungan bagi semua orang? Think again..

Dengan adanya sistem Free Trade ini siapa yang diuntungkan? Malaysia, Singapura, dan China. Mengapa? Karena mereka harus ekspansi pasar, mengingat mereka terbatas dalam hal jumlah penduduk. Dengan sistem perdagangan bebas yang sangat menguntungkan mereka untuk ekspansi, tentunya negara Indonesia ini adalah sasaran empuk. Terlebih China. Produk – produk murah yang ditawarkan akan menjadi salah satu kerugian bagi negara kita. Negara kita yang merupakan negara miskin tentunya secara logika akan memilih produk murah. Negara ini belum sejahtera tentunya. 

Perdagangan bebas itu pilihan. Jika belum siap, mengapa harus segera membuka? Mengapa tidak menciptakan terlebih dahulu perdangan antar pulau?? Mengapa negara kita tidak bisa seperti Amerika yang mereview perjanjian perdagangan bebasnya? Mengapa negara kita tidak bisa memproteksi UMKM yang selama ini menjadi tulang punggung negara kita dengan Proteksi ala Amerika terhadap China.
Daya saing.
Itu jawabannya.
Jika saya rangkum dalam sebuah gambar, maka akan seperti ini: (ini murni dari pemikiran sendiri).

Daya saing akan terbentuk saat kita punya fokus akan apa, dan saat kebutuhan utama dalam negeri terpenuhi: ketahanan pangan dan kecukupan energi. Semuanya menjadi saling terkait untuk menjawab satu hal: VISI NEGARA yang jelas, clear, dengan target – target yang pasti. Saat itu kita bisa mengatakan bahwa perdagangan bebas merupakan kebutuhan kita, sebagai satu negara yang dapat bersaing..bukan sebagai negara yang diajajah..Karena jika tidak, Soekarno pernah bilang: Negara Kuli, dan Kuli di Negara sendiri.

Terakhir, Pak Syamsul Hadi mengatakan bahwa negara ini banyak pemimpin, tapi kurang sekali kepemimpinan. Mahatir Mohammad, pemimpin negara Malaysia yang terpengaruh oleh Soekarno melakukan hal yang seharusnya pemimpin lakukan dalam menyusun VISI negaranya: Turun sendiri, bekerja keras, dan Keteladanan.

Negara kita memang harus punya harga diri, kemandirian, dan konsistensi nasionalisme.
Sekian..mohon maaf bila ada kekeliruan.
Hormat saya, Devandra Alferi.

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. earfun said, on March 20, 2010 at 10:58 pm

    nice post Bung!
    saya sering melamunkan…
    andai pemerintah kita punya pribadi yang utuh & teguh…

  2. yangoiselaluceria said, on March 28, 2010 at 12:51 am

    GREAT APPLAUSE!
    ente cocok jadi politisi van!

  3. devanalferi said, on April 3, 2010 at 7:33 pm

    @earfun tapi kata Bu Dina mang, pemerintah ga salah..tipikal pejabat si ngomongnya..hahaha

    @yangoi hahaha..ente juga ngoi..cocok,tulisan gini masih aja dibaca soalnya..wkwkw


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: