devanalferi's Weblog

Laskar Pelangiku

Posted in Uncategorized by devanalferi on September 29, 2008

Buka bersama antara 4 orang pada 28 September 2008 menghasilkan obrolan ngalor ngidul mulai dari lagu Cake Short Skirt Long Jacket, Backstreet Boys, sampai lagu Afgan yang berjudul Confession. Ditemani dengan keripik singkong dan jambu hasil petikan sendiri, mulailah obrolan terarah pada kenangan-kenangan kami saat SD..SD kami tercinta, SD Negeri Cikadut 1, Bandung.

Yup, 4 orang tadi adalah Devandra Alferi, Teguh Satria Wibowo Mahasiswa Unpad Fikom, Purnama Sobari Mahasiswa STIE Ekuitas, dan Pujihantoro Mahasiswa STSI. Bersama mereka malam itu aku berhasil membawa memori-memori lamaku akan kehidupan SDku dahulu.

Namun, hal terpenting yang aku dapatkan dari obrolan malam itu adalah tentang teman-temanku yang satu kelas (yang juga satu angkatan–berjumlah 63 orang) merupakan orang-orang spesial dalam hidupku. Bahkan mungkin di seluruh kehidupanku. Semuanya, tanpa terkecuali sudah cukup saling mengenal selama 6 tahun bersama.

Saat ini sebagian sudah menikah, dan sebagian lagi sudah bekerja. Hanya sedikit dari kami yang melanjutkan sekolah tinggi-tinggi seperti kami berempat ini. Bahkan dari cerita teman-temanku di malam ini aku baru tahu bahwa teman dekatku dulu (tentunya seorang perempuan) sudah menikah dengan tukang ojek di daerah kami. SDku bukanlah SD yang spesial. Apalagi jika dibandingkan dengan SD Merdeka atau SD Banjarsari. Sangat jauh dari SD-SD ini. Namun, aku sangat yakin bahwa SDku ini spesial karena orang-orang yang hidup di dalamnya.

Orang-orang sederhana. Orang-orang yang tidak punya. Orang-orang yang berada di ekonomi menengah ke bawah. Orang-orang yang tahu apa itu artinya tawa. Orang-orang yang tahu apa itu artinya bahagia. Kenangan-kenangan saat shalat bersama di Mesjid Al-Jihad, saat makan mie setengah si Bibi di belakang kelas, saat kami telanjang bersama karena teman kami ada yang kehilangan uang Rp 5000,00, dan juga kenangan saat kami main adu gambar, adu orang-orangan, dll masih berbekas di kepalaku sampai sekarang. Satu lagi, kenangan saat SD kami yang buruk dan reyot yang selalu kebanjiran setiap musim hujan..namun tidak masalah, toh kami akhirnya berenang bersama-sama. Haha…

Di SD ini..aku belajar tentang kumpulanku sendiri..belajar bagaimana kumpulanku ini berinteraksi dengan sangat murni..pure…Jika Andrea Hirata hidup di SDku saat itu mungkin dia akan menamakan 63 orang angkatanku itu dengan Laskar Pelangi..karena bagiku itulah inti dari Laskar Pelangi yang diceritakan oleh Andrea…semua orang berinteraksi tanpa kecuali dan dengan kemurniannya sendiri-sendiri..bebas dari ambisi pribadi.

Hmm..Saat aku SMP, SMA, dan sekarang aku kuliah di PT yang katanya bonafid sekalipun aku tidak menemukan rasa itu lagi…Bagiku, semua orang sibuk sendiri-sendiri..tidak terkecuali Devandra Alferi ini sendiri. Aku merasakan saat aku berinteraksi dengan orang lain pun karena ada kepentingan diri pribadi. Sudah sangat jarang aku merasakan interaksi yang murni seperti zaman itu.

“Sudah saatnya dewasa”..mungkin begitu tanggapanmu saat membaca blog ini..Tapi…Apakah parameter dewasa itu saat kita tidak lagi merasakan hadirnya Laskar Pelangi lagi di hati ini? Apakah parameter dewasa itu saat aku hampir tidak percaya akan adanya “cinta” di dunia ini?

Semakin aku “main” di kota, semakin aku merasakan jauhnya Laskar itu..SDku memang SD buruk, butut, dan ekonomi menengah ke bawah..tapi ketidakspesialan SD itulah yang menjadikan orang-orang di dalamnya menjadi spesial…

Sampai aku menulis di blog ini pun aku masih bisa merasakan adanya cinta di Mesjid Al-Jihad tempat kami bermain di saat kumandang adzan dilantukan….main serodotan dengan lutut-lutut mungil kami.

Semoga aku dapat menemukan Laskar itu lagi…

20 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. devanalferi said, on September 29, 2008 at 1:31 pm

    sebagai tambahan..gimanapun juga…hal ini sebuah keniscayaan. dan aku akan sayang teman2ku saat ini sampai kapanpun..
    semua genggong yang ada..dari 11 orang itu, barbar, dll, bahkan yang non genggong..

    hal ini terbukti dari desktop backgroundku yang bergambarkan foto angkatan..hehe

    cuma tidak ada yang mengalahkan Laskar Pelangiku di SD itu….

  2. swestika said, on September 29, 2008 at 2:06 pm

    Nampak kenal nama2 di atas… heuheu…
    Mirip ceritanya ya.. soalnya aku juga di Cikadut V..πŸ˜›

    Ternyata dari SD kampung yang tiap hujan halamannya bakal banjir bisa menghasilkan pharmacist dan calon pharmacist ya…πŸ˜€

  3. swestika said, on September 29, 2008 at 2:34 pm

    Nampak kenal nama2 di atas… heuheu…
    Mirip ceritanya ya.. soalnya aku juga di Cikadut V..πŸ˜›

    Ternyata dari SD kampung yang tiap hujan halamannya bakal banjir bisa menghasilkan pharmacist..πŸ˜€

  4. Adihutama said, on September 29, 2008 at 3:10 pm

    so sweet…senang ya punya teman SD yang membekas sampe sekarang. Merasa beruntunglah devanalferi…

  5. diha said, on September 29, 2008 at 3:34 pm

    seru ya kayanya kehidupan di masa sd devan.
    haha.

  6. W said, on September 29, 2008 at 4:55 pm

    first, welcome ke dunia wordpress, ini memang dunia kata-kata…[akhirnya pindah juga… lin-mu udah kuganti dr yang whahahaha tea…]

    hehe, di indonesia, atau mungkin di dunia ada begitu banyak Laskar Pelangi mungkin ya, yang disorot oleh Andrea Hirata cuma salah satunya mungkin… apa artinya, masih banyak fan orang-orang di dunia ini yang nasibnya tidak seberuntung qta [qta? aq, devan, dan semua2 temen2 yang bisa mengenyam bangku kuliah… hehe, makanya banyak bersyukur ajah fan… kalau qta bersyukur sedikit saja, Allah akan menambah banyak katanya…]

  7. amiramdhani said, on September 29, 2008 at 6:29 pm

    hehe
    devan,,

    aku berkunjung
    ^^

    aq link yaks

    ami
    oiya, ntar main2 juga ya : amiramdhani.wordpress.com

  8. devanalferi said, on September 30, 2008 at 11:01 am

    @swastika
    umm..iiya ya? seharusnya teh tika masuk laskar pelangi juga…eh ga denk..kejauhan…haha

    @adihutama
    senang mat…tapi gue juga senang ada 10 orang lainnya..ya terlepas pada pecah2 ke barbarita, ke gdo, ke geng autis (gue sendirian, irin juga sendirian), dll..hahaha

    @W
    iya sama-sama…makasih juga udah memberi info tentang wordpress ini..
    sip..memang ntu inti dari blog pertama ini..untuk bersyukur..untuk ingat bahwa laskar pelangi andrea hirata hanyalah contoh kecil laskar2 lainnya di Indonesia

    @ami
    iya, aku pasti akan berkunjung. hehe

  9. Wiput said, on October 3, 2008 at 11:50 am

    devan, blogwalking nih..

    ..semua orang berinteraksi tanpa kecuali dan dengan kemurniannya sendiri-sendiri..

    masa – masa yang menyenangkan tampaknya ya..heehee

  10. devanalferi said, on October 3, 2008 at 2:20 pm

    @wiput
    blogwalking apa put?
    hehe..maaf..pemain baru dalam dunia blog-blog-an..hehe

  11. fakhria said, on October 11, 2008 at 4:53 pm

    hehe, ketawa pas baca Cikadut,,
    ada ya?
    jadi inget..
    Badut..
    alah..

  12. fakhria said, on October 11, 2008 at 4:59 pm

    oiya, inget juga, ke-laskarpelangi-an bundaku dulu, SD bunda dulu satu tembok (bukan tembok si.. tapi “gedek”) dengan kandang sapi coba, jadi bundaku dan teman2nya sekolah harus bawa obat nyamuk,(dan katanya obat nyamuknya dari kotoran sapi, halah..) dan menahan bau yang sangat… ffiuufh.. bayangkan sendirilah.

  13. devanalferi said, on October 12, 2008 at 9:16 am

    @fakhria
    haha…cikadut.iya..sama..pernah ada yang bilang jadi ciBadut..hihi..devan 3 tahun di SMP diketawain gara-gara tinggal di Cikadut loh..aneh namanya kan?

    obat nyamuk dari kotoran sapi?!!!WOW..boleh dicoba buat ikutan PKM tuh fa..

  14. ardi said, on November 14, 2008 at 9:27 pm

    mampir

    salam kenal dari HI unpad….

    carpe diem

  15. Rizal said, on December 19, 2008 at 5:28 pm

    saya juga alumni SD CIKADUT 1 tapi angkatan 2006-2007.
    Iya juga yah , jdi ngingetin sama si ibi sama mang bini yg suka jualan mi sama jajanan.
    Masih inget sama Pak Bibin ? Bu Ida ? atau Pa Atang ?

    Tapi sekarang memprihatinkan , SD CIKADUT 1,3,5 dalam keadaan rusak parah . Bangunan renovasi terbengkalai , sehingga proses belajar mengajar terganggu. Suasana spt ini sudah dilihat sejak tahun 2003.

    Gmana ? dah maen ke SD CIKADUT ?
    Ato mu ngadain reuni akbar ? he22x

  16. devanalferi said, on December 19, 2008 at 10:36 pm

    @ardi: oi..salam kenal juga ya…hehe

    @rizal: oh ya? umm.reuni? iya juga ya..hehe..boleh2..ntar deh dipikir2 dulu….sekarang kenapa dalam rusak parah? bukannya renovasi ya?

    oh ya…ada kabar miring tentang hal ini ya? Si Ibi? inget banget lah: “Bi, mie setengah!” “tong make sayur nya Bi”
    dan tetep..ngutang..hahaha

    kenangan itu gimana mungkin terlupa..apalagi dulu tuh ya, kalo SD cikadur banjir, kita sampai bisa renang! heu..

    btw, tadi angkatan 2006-2007? di SDnya? baru keluar donk..saya angkatan 1998-1999..hahaha..bangkotan..

  17. chix said, on January 26, 2009 at 8:50 pm

    dev.. ga bikin laskar ssc dev?? hahah

  18. yanuar said, on February 23, 2009 at 11:06 am

    devan …
    kayaknya kenal …
    hohoho …
    kemana aja loe van?

  19. devanalferi said, on March 2, 2009 at 8:57 pm

    @januar: ape lo…haha..ada ko jan..kemarin ko ga ke aplo? saya aja datan ko…

  20. teguh said, on August 5, 2009 at 6:01 pm

    brad urg terharu..
    hahaha
    hayu lah kita reunian…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: